Tips Membersihkan Telinga dengan Benar dan Aman

tips membersihkan telinga
Telinga yaitu salah satu organ vital manusia yang berfungsi untuk menangkap suara yang ada di alam semesta ini. Tanpa telinga tentunya kita tidak dapat mendengarkan apapun. Tetapi, kadang sebagai manusia yang mempunyai banyak aktifitas, kita sering tidak memperhatikan kebersihan telinga kita sendiri. Baru setelah pendengaran kita berkurang dan merasa tidak nyaman, kita menyadari bahwa telinga kita terdapat banyak kotoran. Memang benar telinga mempunyai cairan (cerumen) yang mempunyai banyak manfaat sebagai pelindung dan anti bakteri yang dapat membersihkan telinga secara alami. Namun jika cerumen tersebut dalam jumlah yang berlebih dan sampai mengering, pembersihan telinga secara alami tidak dapat terjadi. Maka dari itu kita perlu mengetahui beberapa Tips Membersihkan Telinga dengan benar dan aman.

Dibawah ini ada beberapa cara atau Tips Menbersihkan Telinga dengan aman tanpa khawatir merusak gendang telinga.

1. Air Hangat
Tips yang paling mudah untuk membersihkan telinga adalah menggunakan air hangat. Ini dapat dilakukan setiap hari tanpa repot sehabis mandi, yaitu cukup meneteskan air hangat pada lubang telinga.

2. Larutan Garam
Larutan ini merupakan obat pembersih yang paling baik untuk membersihkan telinga. Caranya yaitu dengan mencampurkan air dan garam secukupnya, lalu rendam kapas dalam larutan dan miringkan kepala menghadap ke atas, kemudian teteskan pada telinga. Setelah itu, miringkan kearah berlawanan agar cairan keluar membawa kotoran.

3. Baby Oil
Tidak diragukan bahwa Baby Oil mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan manusia baik balita, anak-anak, maupun orang dewasa. Beberapa manfaat tersebut diantaranya dapat membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan pada balita, membersihkan kuas make-up, melembabkan kulit, menata rambut yang kering, serta dapat membersihkan kotoran pada telinga. Caranya yaitu dengan mengambil Baby Oil secukupnya dengan pipet, lalu miringkan kepala kemudian teteskan Baby Oil yang sudah diambil tadi pada telinga. Setelah itu berilah kapas agar cairan tidak keluar dan tunggu beberapa saat. Lalu ambil kapas tadi dan minyak akan keluar dengan membawa kotoran. Namun perlu diketahui, kita tidak boleh membersihkan telinga menggunakan cotton-bud, karena secara tidak langsung ketika kita membersihkan telinga memakai cotton-bud akan menyebabkan kotoran semakin masuk kedalam menuju gendang telinga dan menumpuk disana nah paling baru bisa menggunakan alat pembersih telinga waxvac. Hal ini akan menyebabkan kemampuan pendengaran kita berkurang. Ada satu hal lagi yakni kita jangan pernah menggunakan treatment ear candling, karena trearment ini akan menyebabkan kerusakan serius pada telinga. Dari beberapa Tips Membersihkan Telinga diatas, silahkan mencoba dan rasakan betapa nyaman dengan telinga bersih dan sehat.