Penyesuaian Beban Belajar Pada Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017

Beban belajar di KEJURUAN/SMK untuk kelas VII, VIII, juga IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam belajar KEJURUAN/SMK yaitu 40 menit. Dalam struktur kurikulum KEJURUAN/SMK ada penambahan jam belajar per minggu dari semula 32, 32, juga 32 menjadi 38, 38 juga 38 untuk masing-masing kelas X, XII, juga XII. Maka dari itu lama belajar untuk setiap jam belajar di KEJURUAN/SMK tetap yaitu 40 menit.

Penyesuaian Beban Belajar Pada Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017

Dengan peningkatan tambahan jam belajar ini juga pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi para murid aktif belajar. Proses pembelajaran para murid aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian penjelasan kami karena para murid perlu latihan untuk melakukan pengamatan, menanya, asosiasi, menyaji, juga komunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan guru pada rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 menghendaki kesabaran dalam menunggu respon para murid karena mereka belum terbiasa. Selain itu, bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses juga hasil belajar.

Kompetensi Inti yang ada di rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (Kompetensi Inti 1), sikap sosial (Kompetensi Inti 2), pengetahuan (Kompetensi Inti 3), juga penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar juga harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan juga sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu para murid belajar tentang pengetahuan (Kompetensi Inti 3) juga penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4). Semoga penjelasan kami bermanfaat untuk anda sekalian