Tips Paling Cepat Menghilangkan Ketombe Secara Alami

tips menghilangkan ketombe alami
Ketombe ialah salah satu hal yang menganggu bagi sebagian orang. Ketombe akan membuat rambut kita tampak kotor dan kusam. Ketombe adalah sel kulit mati yang mengelupas karena folikel pada rambut yang berkurang. Ketombe bisa dialami semua orang, baik itu wanita atau laki-laki, muda maupun tua. Penyebab ketombe antara lain adalah karena tidak cocok menggunakan produk shampoo tertentu. Ketombe juga bisa disebabkan dari faktor lain yang ada pada rambut dan kadang rambut yang berminyak juga dapat menyebabkan datangnya ketombe pada rambut. Ketombe sebenarnya ialah pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala. Hindari menggaruk kulit kepala anda, karena hal itu dapat membuat parah terjadinya ketombe, bahkan dapat membuat kulit kepala menjadi luka dan infeksi.

Disini akan kami berikan beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang pastinya cukup efektif untuk menghilangkan ketombe. Berikut ini beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami:

Baking Soda
Baking soda biasanya digunakan untuk membuat roti atau kue di rumah. Tapi baking soda adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe. Baking soda dapat menghilangkan kulit mati yang menjadi penyebab datangnya ketombe. Selain itu baking soda bisa berfungsi untuk membunuh jamur atau bakteri di kulit kepala. Caranya adalah ambil satu sendok baking soda lalu campur dengan segelas air. Aduk shingga rata, kemudian siram ke kepala sampai rata dan dipijat. Lalu siram dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk mempercepat hasil.

Cuka
Cara menghilangkan ketombe secara alami yang lain ialah dengan memakai cuka. Bilas / siramkan cuka ke kulit kepala hingga merata, cuka akan bekerja untuk membersihkan sel kulit mati yang mendatangkan ketombe. Selain itu cuka tidak akan menyumbat pori-pori kulit kepala. Cuka bisa berfungsi sebagai fungisida yang dapat membunuh jamur dengan lebih efektif. Cara membuat cuka menjadi obat untuk ketombe ini sangat mudah. tuangkan setengah cangkir air hangat yang dicampur dengan setengah cangkir cuka apel. Campur jadi satu, lalu jadikan shampoo untuk rambut.

Lidah Buaya (Aloe vera)
Lidah buaya merupakan tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Lidah buaya sangat baik digunakan untuk menghilangkan ketombe. Kandungan yang ada di lidah buaya dapat membuat penghambatan proses proliferasi sel kulit. Anda bisa memotong satu batang lidah buaya, belah menjadi dua dan ambil gelnya. hancurkan gel tersebut, selanjutnya usap ke seluruh kepala sampai rata. Biarkan beberapa menit, kemudian siram dengan air sampai bersih

Garam
Cara menghilangkan ketombe yang ketiga adalah menggunakan garam. Hampir di setiap rumah pasti punya garam. Kristal yang ada di garam berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati. Dengan begitu kulit kepala anda akan bersih dan ketombe akan hilang. Cara kerjanya adalah : Gunakan garam keramas/ratakan di kulit kepala, kemudian pijat secara perlahan. Biarkan beberapa menit. Selanjutnya bilas dengan dengan air sampai benar benar bersih. Selain bahan alami tadi. Anda bisa juga menghilangkan ketombe menggunakan lemon, kayu putih, dll. Bahan tersebut gampang untuk diperoleh, harganya pun murah. Dengan penggunaan teratur dapat mempercepat kinerja. Demikian tips menghilangkan ketombe dengan bahan alami.